4 Jul 2015

Catatan Perjalanan Seorang Pemuda, Untuk Teman-Temannya

     Berawal dari 'kita' yang masih nggak ngerti cinta, dari 'kita' yang nggak ngerti reproduksi manusia, dari kita yang masih bau kencur dan jahe. Sampe sekarang yang udah ngerti cinta, bahkan terlalu sering baper, udah ngerti reproduksi manusia, dan baunya udah bau tanah. Eh nggak. Bau surga maksudnya. Masa-masa SMP emang gabisa dilupain ya, gue masih inget ketika kita dikenalin sekolah sama guru (touring) keliling sekolah. 
Disaat kelas masih numpang di lab, disaat ke sekolah untuk belajar, bukan untuk bertemu teman. Hingga kelas kita pindah ke ruang yg disiapkan, fasilitas sih lengkaap, enak. Hingga naik ke kelas 8, kelas udah ga keurus, udara jadi pengap. Nafas terasa sesak, seperti melihat dia bergandengan dengan pria lain..*lahhh-_-. Nggak. Itu semua gara2 AC yg nggak lagi hidup. Temen2 di kelas jadi nambah beberapa, awalnya ada konflik diantara kita sama guru, karena berisik kalo lagi belajar:v. Tapi kita semua bisa melewati masa-masa itu dengan.... yap, susah. 


     Kelas 9, kelas terbaik yang pernah gue temui. EXPONE DIRECTION 9.1 (ExD9.1). Kelas dimana ngerasain jadi murid bandel, kalo di kelas walaupun ada guru kita makan(sstt). Temen-temen makin banyak, makin rame, makin seru, tentunya, makin pengap. Banyak jalinan asmara di kelas ini*uhuuyy. Kecuali gue;-;. 
Cinta yang tak tersampaikan*njir:v. 
Lupain. 

     Entah kenapa mungkin memang karena kelamaan bareng, temen2 jadi kayak saudara sendiri, kayak keluarga sendiri, kayaknya gue terlalu lama sendiri. Pokoknya rasa takut kehilangan itu tak tertahankan, meskipun hanya sebatas teman. 
Belajar buat UN bareng, nyontek bareng, nyanyi di gudang bareng, jajan bareng, curhat bareng, ibadah bareng..lulus juga bareng. 
Kenangan terbaik ya kenangan pas kelas 9. Waktu yang berasa paling cepet, ya waktu kelas 9. Kalo ditanya apa yang bikin kita gini, jawabannya ya waktu. Waktu yang nemuin waktu juga yang misahin. 

     Kebayang ga nanti pas kita udah sukses, kita ngadain reunian, kita cerita tentang kehidupan kita. Nostalgia masa-masa SMP dulu, mengenang indahnya dahulu, memaksa manis, menyudahi pilu. Kita membawa jodoh dan anak masing-masing, mengendarai mobil pribadi. Kita teringat wajah teman-teman kita dahulu, kita memeluk teman karena rindu, kita bercanda ria karena cinta. Waktu gabisa dipercepat, dihentikan, apalagi diundur untuk kembali ke masa-masa dahulu. 

      Akhirnya untuk mengapresiasi sekolah, kelas, guru, dan teman kita sendiri, kita bikin drama, tentang perjalanan kita dari dulu yang masih bau kencur hingga berbau harapan yang telah hancur. Judul dramanya "Ingatlah Hari Ini". Duh kangen masa-masa latihannya. Saat-saat cabut latihan dengan alasan haus, Saat-saat latihan joget, saat-saat gladi resik di onebal.

     Hari yang ditunggu tiba, kita berangkat dari rumah, untuk berpisah dengan teman, mengendarai bus pemisah teman, dan menuju kota sejuk, tempat perpisahan dengan teman. Lembang, Bandung. Pas di bus kita have fun banget yekan. Ketawa kayak ga ada beban, makan makanin snack temen (gue). Hingga babeh bilang "Sekarang pada seneng-seneng, ntar malem baru pada nangis". Kita ga ngerti kata babeh, malah ngelanjutin seneng-senengnya. Sampe Bandung dengan macet yang membawa berkah, yaitu berkah melihat Bidadari Bandung~:v. 

  Hingga akhirnya waktu perpisahan benar-benar datang, jujur, gue ganyangka, harus nyontek, jajan, bercanda, belajar ga bareng kalian lagi. Gue nggak ngira akan se-sedih ini, se-haru ini, se-miris ini.
     
     Malamnya, acara perpisahan tiba, Penampilan dari beberapa pengisi acara satu persatu telah dilalui. Hingga akhirnya giliran drama kita tampil. Awalnya deg"an cuy, tapi pas udah di panggung, kita tampil All Out. Tepuk tangan dulu ah*muuaach. 
Drama itu sukses, nyanyian lagu itu membuat haru, hingga mata tak kuat mengingat perihnya perpisahan, menumpahkan segala air penyesalannya, memerah karena malu akan kesalahannya. Walau hati tak bisa bicara, biar mata yang mengatakannya. 

     Perpisahan ini lebih sakit dari di cubit sama Bu Sayuti(penulis ini pernah). KITA BERPISAH DI RUANGAN PEMISAH. Gue kira ga bakal ada sedih sedihan kaya gini. Kenapa di akhir cerita malah di beri kenangan terindah. 

     Perjalanan kita berlanjut ke Floating Market. Surga Dunia. Tempat berkumpul bidadari tak bersayap. Surganya makanan, Surganya keindahan. Hari itu, hari perpisahan kita, iya, Pisah. 
     Terima kasih Tuhan Yang Maha Esa, yang udah menghadirkan mereka. Terima kasih udah jadi bagian dari cerita ini, Terima kasih udah menulis kenangan di ingatan gue, Terima kasih udah ngasih gue banyak hal berharga, Terima kasih untuk guru-guru ku, Terima kasih untuk waktu yang telah mempertemukan kita. Kalian, temen-temen gue, gabakal gue lupain, kecuali gue amnesia.

     Guys, jangan lupain gue ya. Kalo boleh jujur, gue sayang kalian:')(terlalu jujur). Dari gue, untuk kalian, penghuni ragunan*ehh. Untuk Kalian, Yang Tak Terlupakan.

Kamu sangat berarti
Istimewa di hati
S'lamanya rasa ini
Jika tua nanti kita t'lah hidup masing-masing 
Ingatlah hari ini...






No comments: